Senin, 05 November 2012

Tugas 2 Pemrograman Visual


Tugas Praktikum 2

Soal 1 (Latihan 1 Nomor 3)



Nama   : Abdul Rochman
NIM       : 11.11.2657
Kelas    : TI 11 E 


1.            Apa yang menyebabkan error btalamat1_Click pada baris program alamat = "kuningan” error?
 Karena pada btalamat1 deklarasi variabel sebelumnya sudah terdefinisi secara public dan nilainya constanta sehingga pada saat pendeklarasian secara local dan dikarenakan pendeklarasian sebelumnya tidak menggunakan DIM maka akan menimblkan makna membingungkan sehingga menyebabkan terjadinya eror.  Jika
dimasukkan ke dalam program maka sepertiberikut;
Const alamat = “Kuningan” yang benar Public alamat = “Kuningan”,  Jika (alamat = “Kuningan”) belum dideklarasikan terjadi eror pada pendeklarasian yang seharusnya :
               Dim alamat As String
               alamat = “Kuningan”
              Txtalamat.Text = alamat
       Ini bisa berlaku, apabila variabelnya masih ‘Const’. Jika  tidak ada ‘Const’maka cukup dengan Txtalamat.text = alamat

2.            Kenapa saat ditekan tombol nama1  dan nama2 nama yang ditampilkan pada textbox nama berbeda sedangkan saat ditekan tombol alamat1  dan  alamat2 alamat yang ditampilkan pada textbox alamat sama?
Karena pada btnama1 deklarasi variabel secara lokal sedangkan pada btnama2 deklarasi variabel diambil dari modul sehingga jika btnama1 dan btnama2 diklik akan menghasilkan nilai (nama) yang berbeda sedang pada btalamat1 dan btalamat2 pemesanan deklarasi variabel sama yaitu dari lokal (public).

3.            Kenapa saat ditekan tombol tambah umur 1  umur selalu keluar angka 1 sedangkan saat ditekan tombol  tambah umur 2  umur    selalu bertambah 1 dari umur sebelumnya?
 Karena pada bttambahumur1 tipe data integer dan operasi logika memungkinkan hanya untuk bernilai 1, sedang pada bttambahumur2 tipe data static mengandung nilai tetap sehingga mempertahankan nilai yang ada dan operasi logikanya bernilai satu sehingga secara otomatis akan menjumlahkan nilai secara terus menerus ketika bttambahumur2 di klik.

4.            Berikan analisa anda untuk form dua
Dari hasil analisa saya menilai bahwa program form2 ketika program di jalankan akan mengambil nilai dari variable yang sudah di deklarasikan di dalam module1.
   Btnama mengambil nilai dari (Public Const nama As String = "Abdul Rochman"
   Btalamat mengambil nilai dari (Public Const alamat As String = "Kuningan"
   Btumur mengambil nilai dari (Public umur As Integer = 18)



Soal 2 ( if dan case )

coding yang sebelumnya (salah), yaitu 













dan penulisan coding yang lebih benar adalah seperti berikut 






















jika program sudah benar dan kita jalankan / run maka program akan berjalan lebih sempurna lagi, yaitu ketika kita mengganti kode barang maka untuk nama barang, harga barang akan menyesuaikan dengan data yang kita sebutkan sebelumnya. Apabila untuk jumlah barang dan cara beli sudah kita tentukan / isi maka unutuk total bayar, diskon dan total bayar akan secara otomatis mengganti dengan sendirinya (menyesuaikan dengan data yang kita masukkan sebelumnya) dan akan melakukan perhitungan sesuai dengan code perintah yang kita berikan. 

Untuk penulisan code program, sebagai berikut 

code load form

code cmbcodekodebarang


code txtjumlahbarang

code radiotunai
code radiokredit


code button cleaner


code button tutup


untuk tampilan ketika sudah kita jalankan dalah sebagai berikut 

demikian semoga bermanfaat

1 komentar:

Follow @dhoelzroman